Bagaimana caranya mengulas produk agar terlihat menarik bagi calon pembeli? Cari tau caranya disini

0
22
Bagaimana caranya mengulas produk agar terlihat menarik bagi calon pembeli? Cari tau caranya disini

TAYANGIN.COM – Menulis review produk adalah salah satu pekerjaan seorang blogger profesional. Di era digital ini banyak brand yang menggunakan jasa blogger untuk mereview produknya, tentunya dengan memberikan reward berupa uang atau barang. Review yang ditulis oleh blogger diharapkan dapat memberikan paparan terhadap produk tersebut dan tentunya mempengaruhi pembaca blog untuk membelinya. Untuk dapat menghasilkan artikel tentang suatu produk yang laris, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengulas produk tersebut

1. Kenali target

Untuk dapat menulis review produk yang baik, seorang bloger harus terlebih dahulu mengenal pembacanya. Dengan demikian, blogger dapat melihat sudut pandang produk yang dapat mempengaruhi pembaca agar membeli produk tersebut. Cara mengetahui target audience ini bisa dengan melihat analisa dari Google Analytics.

2. Buatlah judul ulasan yang menarik

Judul merupakan garda depan sebuah artikel, salah satu faktor sebuah artikel akan dibaca atau ditinggalkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi blogger untuk membuat judul artikel yang menarik saat menulis review produk. Yang harus ada di judul adalah nama produk dan apa saja fitur-fiturnya. Dengan begitu para pembaca akan merasa penasaran dan kemudian memutuskan untuk membaca artikel tersebut.

3. Menulis dengan gaya softselling

Untuk beberapa produk, terutama produk kecantikan, biasanya orang lebih suka membaca review yang to the point. Namun untuk produk lainnya, sebaiknya blogger menulis review produk dengan gaya softselling, atau menyisipkan produk tersebut di postingan terkait produk. Misalnya saat mengulas produk asuransi, blogger bisa membuat tips 5 Cara Menjaga Kesehatan Keluarga atau 5 Produk Investasi yang Tepat untuk Keluarga Muda. Kemudian selipkan produk asuransi yang dimaksud dengan segala kelebihannya di artikel tersebut.

Dengan gaya penulisan ini, tulisan blogger juga bisa menjadi evergreen atau menjadi konten pilar yang selalu dicari pembaca. Karena jika suatu saat produk tersebut tidak lagi dipasarkan, tips atau artikelnya akan tetap relevan bagi pembaca.

4. Mengulas produk secara mendetail

Memberikan informasi rinci tentang produk. Misalnya menjelaskan tentang manfast produk tersebut, bagai mana bentuknya, apa saja keunggulannya di banding produk lain, bagaimana kualitasnya. Untuk itu blogger harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk yang akan direview. Cantumkan juga informasi mengenai harga dan tempat membelinya. Hal ini penting untuk anda lakukan, agar masyarakat ter edukasi dan kemudian memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Selain itu dengan menerangkan secara detail maka pelanggan yang sudah membeli tidak akan kecewa dengan kualitas produk yang anda review karena detail profuk tersebut telah mereka ketahui melalui ulasan yang anda buat.

5. Tulislah ulasan secara obyektif

Bahkan jika Anda dibayar, sebaiknya Anda menulis ulasan yang objektif dan tidak di lebih lebihkan. Sambil tetap menonjolkan keunggulan produk, tuliskan juga kekurangan yang dirasakan saat mencobanya dan terima saran dari produsen agar kedepannya produk tersebut bisa lebih baik lagi.

Menulis kekurangan suatu produk sangat perlu sebagai bahan pertimbangan konsumen agar nantinya tidak ada yang merasa di rugikan baik itu produsen maupun konsumen. Jangan takut nantinya barang yang anda review tidak laku apabila menunjukkan kekuranganya. Karena pada dasarnya semua barang atau produk yang di jual memiliki lebih banyak kelebihan di banding kekuranganya.

6. Riset audiens

Anda juga perlu tahu produk tersebut biasanya digunakan oleh siapa. Karena ini akan menentukan bagaimana Anda menyajikan ulasan Anda. Misalnya, jika produk ditujukan untuk orang Awam, maka sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terkesan terlalu teknis.

Jika audiens Anda adalah anak muda dan pelajar, maka melengkapi review dengan konten visual adalah sebuah kewajiban. Jadi, pada saat membuat review, Anda bisa menambahkan foto atau video ke konten Anda.

7. Mencoba produk sebelum menulis ulasan

Sebelum mengulas produk ada baiknya jika anda mencobanya secara langsung, karena dengan begitu anda bisa tahu tentang keseluruhan produk tersebut. Dan saat menulis nantinya anda dapat dengan mudah menjelaskan produk tersebut agar dapat di terima oleh masyarakat.

Dan jangan bergantung pada materi promo Gunakan materi promo sebagai panduan hanya untuk informasi penting saja, seperti konten produk, harga, foto. Selebihnya mengembangkan ulasan berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman orang yang sudah pernah mencoba produk tersebut. Dengan demikian review akan terasa lebih personal dan berbeda dengan postingan lain yang mengulas produk yang sama.

8. Tulis ulasan proporsional

Katakan apa yang Anda suka DAN tidak suka tentang produk yang sedang di ulas. ulasan sangat berguna ketika Anda mengungkapkan kelebihan dan kekurangan produk tertentu, bukan hanya memberikan pujian dan kritikan yang berlebihan.

Jelaskan apa yang menjadi dasar penilaian Anda. Juga, jelaskan mengapa menurut Anda fitur tertentu sangat berguna dan fitur lainnya perlu ditingkatkan. Umumnya, pembaca membutuhkan ulasan produk yang objektif. Dengan demikian, ulasan yang berisi informasi yang jelas dan objektif akan lebih diinginkan daripada ulasan yang hanya berfokus pada aspek positif atau negatif dari produk yang sedang dibahas.

9. Bandingkan produk yang anda ulas dengan produk lain

Bandingkan kelebihan dan kekurangan produk yang anda ulas dengan produk sejenis yang tersedia di pasaran. Metode ini menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda telah melakukan riset dan memiliki pengetahuan sehingga pembaca yang ingin membeli produk mendapatkan referensi.

Referensi sangat dibutuhkan oleh calon pembeli yang belum pernah menggunakan produk tersebut sebagai dasar pengambilan keputusan. Dengan begitu pelanggan mendapatkan kemudahan untuk memilih setelah membaca perbandingan produk yang anda tulis.

10. Publikasikan ulasan produk anda

Tentukan media yang paling tepat untuk menerbitkan ulasan atau mengunggahnya melalui internet. Ada banyak website yang bisa Anda gunakan, misalnya blog, website khusus review produk, dan website penjual. Sebelum menerbitkan review produk, tunggu beberapa saat setelah produk tersebut beredar di pasaran. Luangkan waktu untuk menggunakan produk dan lakukan pengujian sehingga Anda dapat membuat evaluasi yang objektif. Pembaca biasanya mempercayai pengulas yang dapat membuktikan bahwa mereka telah menggunakan produk sebelumnya.

Kesimpulan :

Tulis ulasan dengan kata-kata Anda sendiri dan tidak perlu terlalu formal. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dijangkau. Selain itu anda harus jujur darimana produk yang anda review berasal, apakah produk itu anda beli sendiri atau dari hasil pemberian pihak pengiklan.

Meski pun nantinya anda mengatakan bahwa produk tersebut berasal dari pemberian pengiklan maka tulislah dalam keterangan review anda bahwa anda akan bersifat obyektif dan bersikap netral. Agar para pembaca tidak menganggap hanya semata mata demi uang anda akan melebih lebihkan produk tersebut.
Selamat mencoba untuk membuat ulasan produk, dan semoga berhasil dan mendapat banyak ulasan positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here