Strategi Promosi Usaha Catering Makanan di Internet untuk Meningkatkan Branding

0
20
cara promosi usaha catering
cara promosi usaha catering di internet

Para pebisnis catering perlu mengetahui cara promosi usaha catering di internet di era digital ini. Hal ini karena pemasaran catering online termasuk pemasaran yang efektif dan menjanjikan. Anda bisa mempromosikan usaha catering lebih luas dan kepada berbagai kalangan.

Selain itu, saat ini sebagian besar masyarakat lebih suka melakukan survey produk, harga, tempat dan lainnya melalui online karena lebih praktis dan bisa dilakukan dari mana saja. Melakukan promosi catering di internet pun membuat Anda bisa bersaing dengan usaha catering orang lain. 

Cara Promosi Usaha Catering di Internet untuk Meningkatkan Branding dan Penjualan

Banyak cara promosi usaha catering online yang bisa Anda pilih, mulai dari yang gratis, membutuhkan biaya murah, hingga budget cukup mahal. Anda bisa memilih cara promosi yang sesuai kebutuhan. Berikut ini berbagai cara promosi di internet untuk usaha catering.

  1. Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Banyak berbagai jenis usaha yang membuat akun bisnis di media sosial. Hal ini karena banyak pengguna aktif di media sosial setiap harinya dan terbukti efektif untuk melakukan promosi, termasuk untuk promosi usaha catering. Namun, perlu strategi yang tepat untuk mempromosikan usaha di media sosial agar mendapatkan feedback yang bagus.

Beberapa hal yang harus dilakukan saat mempromosikan usaha catering di media sosial yaitu lengkapi bagian profil dengan informasi yang penting, membuat konten yang bagus dan menarik, konsisten membuat konten, serta jalin komunikasi yang baik dengan audiens. 

Banyak yang berhasil meningkatkan branding maupun penjualan setelah membuat akun bisnis di media sosial dan konsisten membuat konten. Melalui cara ini, Anda bisa melakukannya secara gratis.

  1. Foto Masakan yang Bagus untuk Diunggah di Media Sosial

Audiens di media sosial yang melihat promosi catering Anda tidak bisa merasakan makanannya, sehingga Anda harus menariknya dengan visual dari catering yang dijual. Selain rasa, visual bisa membuat orang tertarik untuk membeli sebuah makanan. Apalagi di internet, seenak apapun masakannya, orang-orang tidak bisa mencicipinya. 

Oleh karena itu, salah satu cara promosi usaha catering di internet yang penting adalah menggunakan foto yang bagus. Selain visual makanannya, lighting dan angel foto harus bagus agar hasilnya semakin maksimal. 

  1. Gabung dengan Komunitas atau Grup di Media Sosial

Cara promosi usaha catering di internet selanjutnya yaitu bergabung dengan komunitas atau grup di media sosial. Misalnya di Facebook, banyak sekali grup dan komunitas yang bisa dimasuki oleh pemilik usaha catering untuk tempat promosi. Misalnya grup sesama usaha catering, ibu-ibu arisan, ibu-ibu sosialita, dan sebagainya.

Selain di media sosial, grup-grup di WhatsApp juga yang memiliki potensial menjadi tempat promosi harus dimasuki. Melalui grup tersebut, Anda bisa menjalin relasi dengan para anggota dan mempromosikan usaha catering, terutama jika ada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa catering. 

Namun, jangan terlalu sering mempromosikan catering di grup-grup seperti ini. Cukup 2 atau 3 kali dalam seminggu agar Anda tidak dianggap sebagai pengganggu kenyamanan grup tersebut.

  1. Membuat Website

Jika Anda ingin usaha catering terlihat lebih besar dan profesional, membuat website termasuk cara promosi usaha catering di internet yang bisa meningkatkan branding. Melalui website, pengunjung bisa mengetahui berbagai informasi tentang catering Anda secara lengkap, mulai dari profil, jenis paket, harga, hingga kontak pemesanan. 

Namun ketika membuat website Anda pun harus mengoptimalkan SEOnya, yaitu Search Engine Optimization. Jika SEO website bagus, maka ketika ada pengguna Google yang mencari usaha catering yang sesuai dengan kategori catering Anda, maka website Anda akan muncul di posisi pertama atau halaman pertama hasil pencarian. 

Dengan begitu, audiens akan melihat website Anda sebelum melihat website lain, sehingga peluang mendapatkan pengunjung ke website pun semakin besar. Semakin banyak yang tahu usaha catering Anda, branding pun akan meningkat.

  1. Daftarkan Usaha Catering di Google Maps

Cara promosi usaha catering di internet selanjutnya yaitu dengan mendaftarkannya di Google Maps. Cara ini akan membuat tempat usaha catering Anda muncul di hasil pencarian pengguna yang sesuai dengan kategori. Misalnya ketika pengguna mencari “catering terdekat”, “catering di kota A”, “catering enak”, maka catering Anda akan muncul. 

Pendaftaran ini gratis sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Agar lebih optimal, semua informasi penting tentang catering Anda seperti alamat, nomor kontak, deskripsi, foto catering, dan lainnya harus dicantumkan. Foto-foto catering yang diunggah di Google Maps pun harus bagus agar bisa menarik calon pelanggan. 

  1. Menggunakan Iklan di Media Internet

Dalam meningkatkan branding, menggunakan iklan di media internet sangat perlu agar promosinya lebih cepat menyebar dan sampai kepada audiens dengan demografi yang diinginkan. Beberapa cara promosi usaha catering di internet dengan beriklan yaitu Facebook Ads, TikTok Ads, Google Ads, atau melalui jasa tayangin.com.

Tayangin.com ini merupakan platform promosi dan publikasi untuk meningkatkan brand awareness yang sangat cocok untuk pebisnis pemula yang baru mulai promosi di media internet. Melalui tayangin.com, Anda bisa beriklan ke media sosial, artikel, display banner, press release, dan lainnya. 

Iklan promosi Anda akan disebarkan di media online ternama dan bisa dilihat hingga ribuan sampai jutaan penonton. Bisa juga dipromosikan oleh influencer ternama. Anda pun tidak perlu repot mengurus ini itu, terima beres saja. 

Itulah berbagai cara promosi usaha catering di internet yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan branding dan juga penjualan. Jika ingin beriklan melalui tayangin.com, kunjungi website resminya untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here